Promo Pena

RDP di DPRD, Disdukcapil Muna Tak Hadir, Ini Alasannya

PENASULTRA.ID, MUNA – Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muna guna menindaklanjuti aspirasi Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Muna terkait tuntutan perbedaan dan perubahan data kependudukan, LM Rusman Emba, Rabu 7 Oktober 2020 terpaksa harus diskorsing.

Skorsing dilakukan Komisi I DPRD Muna yang diketuai Usa Mele, karena Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang diundang dalam RDP tersebut tak hadir.

Alasannya, Disdukcapil Muna yang pimpin La Ode Abdul Kadir tengah mengikuti rapat koordinasi nasional kependudukan dan pencatatan sipil 2020 yang berlangsung selama dua hari, yakni 6-7 Oktober 2020.

Alasan tersebut terkuak dalam surat pemberitahuan dari Disdukcapil Muna bernomor 470/211 tertanggal 6 Oktober 2020 dan telah masuk ke DPRD Muna. Dalam surat itu, Disdukcapil Muna meminta RDP untuk diagendakan kembali.

Usa Mele mengatakan, berdasarkan tata tertib (Tatib) rapat, anggota Komisi I DPRD Muna yang hadir dinyatakan korum.

Namun berhubung pihak Disdukcapil masih berhalangan hadir, maka dirinya membuka secara resmi RDP dan kemudian kembali menskorsing hingga menunggu jadwal selanjutnya.

“Itulah surat yang masuk dari Disdukcapil, oleh sebab itu, kita juga tidak bisa memaksakan kalau kemudian berhalangan,” kata Usa Mele.

“Selanjutnya karena Disdukcapil tidak hadir, maka saya atas nama pimpinan komisi I secara resmi saya buka rapat ini, lalu kemudian saya skorsing,” tutup politisi Partai Golkar Muna tersebut.

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.