Promo Pena

Disdukcapil Muna: Nama dalam KK, Akte Kelahiran dan KTP Tidak Boleh Berbeda

PENASULTRA.ID, MUNA – Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Muna, Ahyadi mengatakan, setiap warga negara wajib memiliki dokumen pendataan sipil.

Dalam dokumen pendataan tersebut, nama didalam Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran maupun Kartu Tanda Penduduk (KTP) haruslah sama.

“Nomor Induk Kependudukan atau NIK dan nama yang tercantum pada semua dokumen harus sama tidak boleh ada yang berbeda,” kata Ahyadi, Senin 28 September 2020.

Menurutnya, KK merupakan dokumen awal untuk melahirkan dokumen kependudukan lainnya seperti akte kelahiran dan KTP. Dimana dalam KK tertera NIK yang tidak bisa berganti walau yang bersangkutan telah pisah dari KK sebelumnya maupun si pemilik NIK meninggal dunia.

“KK sendiri nantinya akan menjadi rujukan untuk semua dokumen-dokumen kependudukan lain,” jelas Ahyadi.

Untuk itu, ia mengimbau, sebelum diterbitkannya akte kelahiran maupun KTP sebaiknya kedua dokumen tersebut harus disesuaikan terlebih dahulu dengan KK.

“Namanya siapa, orang tuanya siapa, tempat lahirnya dimana, itu harus clear dulu,” jelas Ahyadi.

Jika ada penduduk yang hendak mengubah nama dalam salah satu dokumen identitas kependudukan, maka harus disertai dengan keputusan dari Pengadilan Negeri (PN).

“Misalnya nama dalam akte kelahiran telah terbit dan kemudian berniat merubah nama, maka harus disertai surat keputusan dari PN,” pungkas Ahyadi.

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Yeni Marinda

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.